Gereja merupakan tempat ibadah untuk umat yg beragama Kristen. Saya yg beragama Islam tentu saja penasaran dengan ibadah mereka seperti apa. Walaupun , beberapa keluarga saya juga beragama Kristen tapi saya belum pernah ke gereja.

Saya yg sudah berada dilingkungan yg memang dasarnya banyak perbedaan merasa biasa saja. Dan lebih saling menghargai satu sama lain. Kemarin, saya pertama kali ke gereja dan Romo banyak menjelaskan sedikit banyak tentang Kristen (terutama Katolik) merasa bahwa mereka semua benar-benar menjalankan ibadahnya dengan tulus. Ada juga peraturan-peraturan yg didalamnya sama halnya dengan Islam. Yg intinya menurut saya semua agama itu sama, hal membedakan adalah cara beribadah dan beberapa peraturan yg berbeda.

Lalu, kemaren juga berkunjung ke Ahmadyah. Saya juga baru pertama kali mendengar dan mengetahui ternyata di Islampun selain Muhammadyah dan NU ada yg namanya Islam Ahmadyah. Saya kemudian search di google tentang Ahmadyah ini, tapi kebanyakan menyatakan bahwa Ahmadyah itu menyesatkan. Mereka percaya bahwa setelah Nabi Muhammad masih ada lagi N abi setelahnya. Tapi, dari pemaparan kamarin , menurut saya mereka itu tidak percaya bahwa ada nabi setelah nabi Muhammad. Menurut mereka bahwa ada seseorang yg meneruskan ajaran Nabi Muhammad, dan mereka mempercayai orang itu atau yg biasa di sebut sebagai Mujaddid. Dan mereka tidak menganggap bahwa ada nabi setelah Nabi Muhammad. Menurut mereka di Ahmadyah sudah ada Mujjadid sedangkan di Islam yg lain belum ada atau masih menunggu. Dan memang benar di Ahmadyah sendiri menurut saya berbeda dengan Islam yang lain.

Nah justru perbedaan itulah yg akan menyatukan kita. Dengan perbedaan bukan berarti memperburuk keadaan. Dengan adanya pandangan ahmadyah sendiri, kita harus melakukan diskusi yang lebih intens. Untuk menyatukan semua pemikiran kita tentang islam itu sendiri. Jangan hanya karna perbedaan kita menjadi bercerai-berai. Saling menghargailah satu sama lain.

Penulis : Winda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | CoverNews by AF themes.