Pernyataan Sikap Paritas Institute Atas Aksi Terorisme di Sri Lanka

JAKARTA, ParitasInstitute.org — Perayaan Paskah di Sri Lanka berakhir dengan duka yang mendalam. Peristiwa pengeboman pada Minggu 21 April 2019 di tiga gereja yakni Gereja St. Anthony di Kochchikade, Gereja St. Sebastian di Negombo dan Gereja Zion di Batticaloa, serta tiga hotel yang terletak di pusat ibukota Colombo pada waktu yang bersamaan adalah sebuah tragedi kemanusiaan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak beradab. 310 orang meninggal, 22 di antaranya adalah anak-anak dan lebih dari 500 orang lainnya menderita luka-luka, telah menjadi korban dalam aksi teror tersebut.
Peristiwa teror pada hari Paskah ini adalah peristiwa yang keji dan mengoyak rasa kemanusiaan kita. Peristiwa ini adalah peringatan bahwa kebencian berbasis identitas agama masih sangat kuat di antara umat manusia. Kebencian hadir dan masuk pada ruang-ruang kemanusiaan dan tempat-tempat suci keagamaan.

Atas aksi terorisme di Sri Lanka ini, kami Paritas Institute menyatakan sikap sebagai berikut:

  1. Menyatakan dukacita yang mendalam bagi seluruh korban dan keluarga korban aksi teror bom di Sri Lanka.
  2. Mengecam keras aksi terorisme atas dasar apapun yang terjadi di Sri Lanka sebagai perbuatan yang tidak beradab dan anti kemanusiaan.
  3. Mendorong Pemerintah Sri Lanka dan dunia internasional untuk mengusut tuntas dan membawa para pelaku ke peradilan sesuai dengan hukum yang berlaku.
  4. Mendorong Pemerintah Indonesia untuk memberikan bantuan yang diperlukan oleh Pemerintah Sri Lanka dalam mengungkap aksi terorisme serta bantuan kemanusiaan yang dibutuhkan.
  5. Mendorong Pemerintah Indonesia agar dengan tegas tidak memberi ruang terhadap segala bentuk ideologi kekerasan dan kebencian atas dasar apapun tumbuh subur di seluruh wilayah Indonesia yang akan menjadi benih terorisme dan aksi-aksi kekerasan.
  6. Mendorong umat beragama di Indonesia untuk menjunjung tinggi toleransi dan kemanusiaan dengan mempererat hubungan dan kerjasama serta dialog antar umat beragama dan keyakinan.

Jakarta, 22 April 2019

Paritas Institute

Penrad Siagian
Direktur Eksekutif
081213825450

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *